Macam - Macam Model Pembelajaran

Terdapat banyak cara yang dapat dipakai oleh guru untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswanya. Cara penyampaian materi inilah yang kemudian dikenal dengan model pembelajaran.

Ada banyak macam model dalam pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Macam-macam model pembelajaran ini digunakan dengan disesuaikan pada kondisi dan situasi yang ada pada saat proses pembelajaran berlangsung.

1. Model diskusi

Pada model pembelajaran diskusi ini guru berperan sebagai fasilitator yang mengatur kondisi atau keadaan pada proses pembelajaran. Sedangkan para siswa diharuskan untuk lebih aktif dalam menyampaikan pendapatnya dalam sebuah diskusi kelompok. Model diskusi ini dapat mengajarkan siswa lebih berani dalam mengutarakan pendapatnya dan adanya interaksi yang baik antar siswa dalam sebuah kelompok diskusi.

2. Model ceramah

Model ceramah adalah model pembelajaran langsung. Di sini guru secara langsung memberikan materi pada guru dengan cara ceramah. Pada model pembelajaran ini guru akan sangat dominan dalam proses pembelajaran. Dan siswa menjadi terkesan sangat pasif karena mereka hanya mendengarkan gurunya memberikan materi pembelajaran.

3. Model ceramah kombinasi

Model ceramah kombinasi adalah model pembelajaran yang merupakan penggabungan dari model ceramah dan model diskusi. Pada model ini guru akan menjelaskan materi secara ceramah kemudian meminta siswa untuk mendiskusikan dengan siswa lain dalam sebuah kelompok diskusi.

Itulah tadi sekilas tentang macam-macam model pembelajaran. Semoga bisa anda petik manfaatnya.

Artikel menarik lain :
model pembelajaran dan kelebihannya
Advertisement
ADSENSE
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 JUDUL - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger